Demi mendukung industri di karimun ini kami dari Bea Cukai Tanjung Balai Karimun terus berusaha memperbaiki pelayanan sehingga proses kepabeanan maupun cukai yang diajukan oleh pengguna jasa menjadi lebih efektif dan efisien. Kami juga menyediakan layanan konsultasi bagi para pelaku usaha yang mempunyai kesulitan dalam proses pelayanan dan bagi para pelaku usaha yang membutuhkan asistensi.
Bea Cukai selain melakukan kegiatan pengawasan dan pelayanan juga memberikan fasilitas-fasilitas kepabeanan yang mampu menunjang berkembangnya investasi pada perusahaan-perusahaan yang berada di Indonesia. Pengertian dari Fasilitas Kepabeanan adalah pemberian insentif oleh pemerintah/DJBC berkaitan dengan kegiatan ekspor-impor yang akan memberikan manfaat bagi perekonomian nasional.

Manfaat yang diperoleh bisa dalam bentuk, kecepatan waktu pemrosesan barang, kemudahan prosedur pemrosesan barang, hingga pengurangan biaya. Salah satu fasilitas yang ada di Tanjung Balai Karimun ini adalah penetapan pulau Karimun sebagai inklaf Free Trade Zone atau Kawasan Bebas, dimana sebagian pulau Karimun ini merupakan kawasan bebas yang berarti pemasukan barang-barang ini mendapatkan fasilitas kepabeanan berupa pembebasan dari pengenaan Bea Masuk, Pajak Pertambahan Nilai (PPN), dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM).